Manfaat dan rasa Kopi Durian

kopi durian

Pecinta durian, kemungkinan dari anda semua pasti masih asing dengan namanya kopi durian, saya jamin mendengar namanya saja aneh apalagi untuk tahu manfaat dan rasa kopi durian ini pasti penasaran kan, di post ini saya akan menjelaskan manfaat dan rasa kopi durian dibaca sampe tuntas ya.

Menyeruput segelas kopi menjadi ritual wajib bagi beberapa orang. Rasa kelat yang dihasilkan dari kopi memberi sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Selain itu, tubuh juga terasa lebih segar. Sehingga mampu untuk menjalani aktivitas yang akan dilalui.

Jika anda pecinta durian merasa bosan dengan aneka olahan durian yang cenderung monotor anda bisa coba sesuai yang baru yaitu kopi durian.  Kopi yang biasanya hanya sekedar dicampur dengan gula, ada sebuah resep yang patut untuk dicoba. Kopi durian. Bagaimana rasa dan manfaat kopi durian?

Kopi durian menjadi sebuah menu favorit di beberapa kota Indonesia seperti Medan, Bengkulu dan Lampung. Mereka memasukkan satu buah durian sebagai pengganti gula ke dalam segelas kopi panas. Kemudian kopi tersebut diaduk untuk menyatukan buah durian dengan kopi. Perpaduan keduanya menciptakan rasa pahit dengan sedikit selentingan rasa manis. Selain itu, tekstur dari buah durian akan menghasilkan sensasi creamy yang memanjakan lidah.

Kopi durian dapat disajikan panas atau dingin. Namun, sangat dianjurkan untuk mencampurkan durian dengan kopi panas. Karena aroma durian akan lebih terasa. Jika anda tidak menyukai aroma durian, anda mungkin sedikit kecewa, karena kopi mampu menyerap bau durian sehingga aromanya tidak setajam seperti biasanya.

Kopi ini begitu digandrungi karena dipercaya dapat meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Namun ada beberapa manfaat lain dari kopi durian.

Kopi durian dapat  membuat mood anda menjadi lebih stabil. Hal ini dikarenakan kandungan Tryptopan pada durian.  Zat ini merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk serotinin, melatonin dan niacin yang dapat digunakan untuk mencegah DEPRESI, rasa cemas, susah tidur, stress, dan rasa sakit.  Sehingga anda menjadi lebih tenang dalam menghadapi hari.

Kopi durian memiliki banyak gizi. Karena durian adalah buah yang kaya akan zat gizi sehingga di sebut sebagai “KING OF FRUIT” sebab durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah yang lain, di antaranya yang penting itu vitamin B vitamin C , zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng thiamin riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu Durian banyak juga mengandung Zat Antioksidan dan polyphenol yaitu memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Bahkan Durian memiliki kedua jenis antioksidan ini baik vitamin C maupun Non Vitamin.

Kandungan vitamin C pada Durian sekitar 33 % ( 19,7 mg / 100 gr ) sedangkan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal hebat berbahaya. Bayangkan bila khasiat durian ini  dipadukan dengan anti oksidan yang terkandung di dalam kopi yang juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Meminum kopi durian akan membuat anda tercegah penuaan dini.

Zat Organosulfur merupakan salah satu kandungan gizi penting pada buah Durian, juga bermanfaat menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati sebagai anti radang, antioksidan, antimikroba (bakteri dan jamur) merupakan komponen insulin untuk meningkatkan serapan glukosa untuk menghasilkan energy, serta organosulfur bersama thiamin dan biotin yang membantu menjaga metabolisme gula dan efektif sebagai penstabil Kadar Gula Darah.

Yang pasti anda tidak hanya merasakan nikmatnya buah durian, tetapi juga mendapatkan perpaduan manfaat dengan kopi.