Fakta Buah Durian

manfaat buah durian

Kalau di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Mitos buah durian kali ini kita akan membahas tentang fakta buah durian.

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, faktanya buah durian menyimpan banyak manfaat sehat bagi tubuh. Karena buah ini cukup populer, banyak asumsi yang berkeliaran tentangnya, terutama yang terkait dengan kesehatan.

Nah, agar kamu tak salah kaprah tentang manfaat sehat buah durian, berikut ini merupakan fakta tentang buah durian

# Kaya akan nutrisi

Ini adalah kabar gembira bagi kamu pecinta buah unik ini. Durian diperkaya dengan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Buah yang juga dikenal dengan istilah raja buah ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah.

Tak hanya itu, buah ini juga baik untuk melancarkan buang air besar dan kesehatan kulit. Tak hanya itu, durian juga mendukung sistem saraf, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan pembentukan sel darah merah.

fakta buah durian

Menyebabkan tubuh gemuk

Well tak bisa dipungkiri karena durian mengandung banyak kalori, jadi suka atau tidak suka mengkomsi buah durian dapat menambah berat badan anda. Setiap satu kilogram buah durian mengandung sekitar 1.350 kalori. Mengonsumsi satu kilo buah durian berarti kamu telah memenuhi sekitar 68 persen kebutuhan harian kalori (2000 kalori) yang direkomendasikan bagi orang dewasa. Satu biji besar durian bisa mengandung sekitar 54 kalori.

 

# Durian tak baik bagi penderita diabetes

Bisa dibilang buah durian tak sesuai bagi kamu yang mengidap diabetes. Pasalnya, buah yang menggiurkan ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Buah durian mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

 

Non-kolesterol

Banyak yang mengira bahwa durian adalah buah yang mengandung kolesterol. Faktanya, buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Selain itu, durian juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

 

Energi instan

Fakta buah Durian mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga buah ini bisa diandalkan untuk mengisi energi rendah yang lebih cepat (pada orang sehat). Sedangkan kandungan kalium dalam durian juga membantu mengurangi kelelahan sekaligus mengusir stres dan kecemasan.

 

# Mengandung bayak nutrisi penting

Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Seorang penulis Thailand mengatakan bahwa kandungan nutrisi durian berkelas ‘bintang lima’. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan omega 6.

Durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan; di samping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Phytonutrient

Merupakan zat alami yang banyak terdapat pada buah durian, dan pada kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Meski belum dapat diidentifikasi secara gamblang (intangible) namun diakui zat ini memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat. Peneliti dari Ohio State University bahkan menyatakan bahwa zat ini adalah vitamin-vitamin masa depan.

Phytonutrient ditengarai mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan risiko terhadap penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan hipertensi.

Zat antioksidan dan polyphenol

Fakta buah Durian banyak mengandung zat antioksidan dan polyphenol yang dikatakan memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Sedangkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin (vitamin C) maupun non-vitamin.

Umumnya kandungan vitamin C pada durian berkisar dari 22.9-107, bahkan dari analisa yang dilakukan Balitbu Tropika Kementerian Pertanian RI, dijumpai ada durian yang mengandung sampai 200 mg/100 gram daging buah. Ini merupakan angka tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.

fakta buah durian
Phytosterol

Ini juga merupakan zat penting yang banyak dikandung durian. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of  New York di Buffalo memberikan catatan tentang manfaat zat Phytosterol, antara lain: memperbaiki reaksi anti-tumor pada tubuh, memperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.
Zat organosulfur

Zat ini merupakan salah satu kandungan gizi penting pada buah durian. Zat ini juga banyak terdapat pada bawang putih. Manfaat dari organosulfur ini adalah untuk menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati, anti-radang, antioksidan, anti-mikroba (bakteri dan jamur), merupakan komponen insulin untuk meningkatkan serapan glukosa untuk menghasilkan energi, serta organosulfur bersama thiamin dan biotin membantu menjaga metabolisme gula dan efektif sebagai penstabil kadar gula darah.
Tryptopan

Yang tidak kalah penting adalah kandungan Tryptopan yang dikenal memiliki efek ‘feel good’ bagi yang mengonsumsi durian. Zat ini merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk Serotonin, Melatonin dan Niacin yang dapat digunakan untuk mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stres, rasa sakit, dan lain-lain.

Menurut Profesor Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Kebangsaan Malaysia, durian mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat, durian secara instan, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengonsumsinya. Jika dibandingkan dengan apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.

Itulah beberapa fakta buah durian yang kami ketahui, sebenarnya masih banyak lagi fakta buah durian yang lain ya, nanti kita update di posting selanjutnya ya